Call:  085236766581| Email: desajurangsapi@gmail.com

Kecamatan Tapen, Bondowoso

Sejarah Desa


Sejarah Singkat Desa Jurangsapi

Kantor desa Jurang Sapi

            Awalnya desa jurangsapi merupakan sebuah daerah yang digunakan oleh beberapa pihak yang menjadikan daerah ini sebagai daerah penyimpanan hasil curian. Ada yang menarik dalam hal ini, yang membuat orang bertanya-tanya “ada apa sebenarnya?”. Sebenarnya hal ini lah yang menjadi asal-usul dicetuskanya sebuah daerah ini dengan sebutan “Desa Jurangsapi”

Menurut data kepala desa yang pernah menjabat, Desa Jurangsapi telah berdiri selama 74 tahun terhitung sejak tahun 1844 hingga saat ini. Pencetusan nama “Desa Jurangsapi” berawal dari adanya daerah yang memang digunakan sebagai tempat penyimpanan hasil curian berupa hewan ternak sapi. Khusunya pada daerah yang saat  ini dikenal dengan “Dusun Krajan”. Konon katanya daerah tersebut adalah daerah yang memilki jurang yang sangat dalam, namun jurang ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya jurang itu dibuat. Jurang ini merupakan jurang yang digunakan sebagai tempat penampungan sapi-sapi hasil curian. Hasil curian sapi tersebut pada malam hari digiring masuk kedalam jurang dalam keadaan sepi. Didalam jurang tersebut telah ada beberapa orang penjaga yang memang bertugas untuk menjaga sapi-sapi yang telah dikumpulkan dimalam hari, yang kemudian ketika keadaan aman, sapi-sapi yang terkumpul akan dikelurkan dari jurang untuk dijual. Sapi-sapi tersebut biasanya dikeluarkan pada pagi maupun siang hari. Sebenarnya jurang tersebut merupakan tempat bersembunyi para semua komplotan pencuri.

Keadaan seperti itu terus menerus dilakukan, bertahun-tahun lamanya. Hingga pada saat zaman PKI masuk ke wilayah Indonesia, kegiatan itu masih tetap berlangsung. Namun pada sekitar tahun 1965 daerah tersebut sudah mulai jarang terjadi aktivitas yang biasa dilakukan bahkan bisa dikatakan sudah tidak ada lagi kegiatan pencurian dan penampungan pada jurang tersebut. Ketika kegiatan tersebut tidak lagi dilakukan, daerah jurangsapi ini sudah berganti fungsi. Pada tahun 1965 inilai jurang tersebut sudah berubah menjadi areal persawahan dan sungai. Perubahan areal jurang ini sengaja ditutup oleh masyarakat karena memang sudah tidak lagi berfungsi.

Berlanjut pada wilayah desa. Desa jurang sapi awalnya terdiri dari beberapa dusun. Dusun-dusun tersebut membentuk satu wilayah yang berbatasan langsung dengan daerah Desa Gununganyar dan Desa Kapuran. Desa jurangsapi terdiri dari 9 dusun yang membentuk wilayah tersebut menjadi wilayah Desa. 9 dusun inilah yang sebenarnya menjadi awal berdirinya Desa Jurangsapi. 9 dusun ini terbentuk secara bertahap sesuai dengan perkembangan sentralisasi kependudukan.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sistem administrasi dan informasi desa

PETA DESA

Peta Jurang Sapi

Categories

November 2019
M T W T F S S
« Oct    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
Skip to toolbar